Cara Membuat Android Sebagai Remote TV Terbaru

Begawei.net - OS Mobile yang kita kenal Android bukan hanya smartphone yang fungsinya itu-itu saja. Perkembangan OS Android sepertinya tidak terbatas lihat saja OS Android digunakan pada barang-barang elektronik seperti kulkas, televisi, mobil, dan lainnya. Begitu pula dengan perkembangan aplikasi-aplikasi Android yang berkembang pesat. Nah, kali ini kita akan memanfaatkan perangkat Android kita sebagai remote TV. Mungkin ini terdengar aneh bagi orang awam. Dan memang Smartphone Android bisa lho dijadikan Remote Control TV (biasa disebut Televisi).


Dengan bentuk remote TV yang standar (gitu-gitu aja), bisa coba mengubah Smartphone Android kita jadi remote TV. Mungkin juga ini sebuah kemudahan dan kepraktisan disamping remote TV konvensional yang kita kenal mudah rusak (soalnya saya pernah mengalaminya). Hanya dengan menggunakan perangkat Android, kita bisa mengubahnya jadi remote TV.

Oke, kalau begitu bagaimana cara menjadikan perangkat Android kita sebagai remote TV. Langkah-langkahnya cukup mudah bahkan bagi orang awam sekalipun. Pada saat ini, rata-rata perangkat Android telah dilengkapi fitur remote untuk perangkat elektronik seperti TV, DVD, Speaker/Sound System, AC, hingga Home Teater. Contohnya Samsung Galaxy Note 3, Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, dan Sony Xperia Z2. Agar kita dapat mengkatifkan fitur remote ini banyak caranya. Kita bisa menggunakan koneksi bluetooth, WiFi hingga infrared.

Perlu anda ketahui bila anda ingin menjadikan Smartphone Android anda sebagai remote TV harus tahu apa yang dibutuhkan misal kedua perangkat harus mendukung salah satu koneksi wireless seperti bluetooth, WiFi, atau infrared. Sehingga akan memaksimalkan kinerja perangkat android yang akan dijadikan remote TV.

Untuk aplikasinya ada kok. Seperti Samsung yang telah mengeluarkan aplikasi khusus remote TV, bahkan ada juga yang bersifat universal. Misal perangkat Android Samsung bisa dijadikan remote universal atau multifungsi. Sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis maupun merk perangkat elektronik seperti Samsung sendiri, Sony, Sharp, LG, Panasonix, dan lainnya. Selain itu, ada aplikasi unik remote TV yakni WatchON. Untuk penggunaannya saya ulas sebag berikut.
  1. Instal dan jalankan aplikasi WatchOn pada perangkat Android anda
  2. Lalu pilih Select Country or Region
  3. Kemudian pilih Negara yang anda tinggali, misalnya tanah air kita Indonesia
  4. Selanjutnya pilih TV berbayar yang anda gunakan,jika tidak berlangganan pilih indovision saja
  5. Lalu pilih Skip dan Agree
  6. Nanti akan muncul sebuah icon yang berbentuk remote, klik icon tersebut untuk pengaturan TV anda
  7. Setelah itu, klik Continue untuk melakukan settingannya
  8. Pada langkah ini, kita akan memilih merk TV yang sedang digunakan. Kalau tidak ada merk TV anda, klik Show Other Brands
  9. Setelah itu, klik tombol power untuk menghidupkan TVnya
  10. Harap diperhatikan, jika TV anda bisa dihidupkan dengan sempurna klik YES, this code Ibe Work. Kalau ridak, klik Send this code one again untuk mengulangi
  11. Lalu klik MY TV (merk TV anda)
  12. Langkah terakhir klik DONE. Semua proses telah selesai. Perangkat Android anda telah siap digunakan sebagai remote TV.

Cukup itu saja, bagaimana cara mengubah Android kita jadi remote TV. Terima kasih...



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Android Sebagai Remote TV Terbaru