Tips Ampuh Mengatasi Smartphone Android Lemot

Momen paling membuat kesal saat sedang beraktivitas dengan ponsel pintar kesayangan adalah ketika kinerjanya tiba-tiba menjadi lambat. Penurunan performa ini sebetulnya bisa ditanggulangi jika Anda tahu tips dan kiat mengatasi smartphone Android lemot dengan benar.


Apa saja tipsnya?

1. Cek Memori yang Tersedia

Salah satu sebab paling jamak kenapa smartphone mendadak lemot adalah karena memori sudah sesak atau penuh. Maka jika ponsel Android Anda terasa melambat, ada baiknya segera cek memorinya. Jangan-jangan ruang penyimpanan sudah hampir kehabisan space.

Sebagai catatan, idealnya selalu jaga agar space yang terpakai di memori tidak lebih dari 80 persen. Jika ternyata persentasenya sudah melebihi batas tersebut, sebaiknya segera hapus atau uninstall aplikasi yang jarang digunakan. Sebagai tips untuk maintenance, sesekali bersihkanlah cache dan junk file. Caranya sangat simple, tinggal masuk ke pengaturan > storage > penyimpanan, lalu tekan ‘Cached Files’ kemudian bersihkan. Selain itu, lebih bagus jika membiasakan diri untuk merapikan file-file seperti music, foto, atau video.

2. Cek Kapasitas RAM

RAM adalah unsur krusial yang mempengaruhi performa smartphone. Semakin tinggi RAM-nya, semakin banyak aplikasi yang bisa dijalankan dalam waktu bersamaan. Namun jika RAM Anda tidak terlalu besar, atau di bawah 1 GB, sebaiknya hindari menjalankan banyak aplikasi berbarengan. Tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai sebelum membuka aplikasi yang lainnya.

3. Hindari Widget berlebihan

Untuk mengatasi smartphone Android lemot, sangat disarankan untuk tidak memasang widget secara berlebihan. Widget memang memberi kemudahan akses pada aplikasi tertentu, namun di sisi lain akan memperberat kinerja ponsel. Idealnya, batasi penggunaan widget tidak lebih dari tiga di homescreen. Di sini perlu kecermatan untuk memilih prioritas.

4. Aplikasi Launcher Tidak Direkomendasikan

Di Play Store banyak tersedia aplikasi launcher yang menawarkan fungsi untuk memperingkas akses dan fungsi aplikasi. Namun di sisi lain, launcher justru berpotensi membuat kinerja smartphone Android jadi lemot karena turut menghabiskan daya serta memori. Sebaiknya tetap gunakan tampilan standard tanpa perlu memakai launcher.

5. Lakukan Restart

Merestart smartphone dapat mengembalikannya ke dalam situasi normal. Jika Anda sering mengalami lemot meskipun empat poin sebelumnya sudah tidak ada masalah, senjata pamungkas yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan restart.

Jika setelah restart tidak terjadi lemot, ada baiknya untuk mempertimbangkan memakai smartphone dengan sistem Android yang lebih update.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Ampuh Mengatasi Smartphone Android Lemot